Senin, 17 Maret 2014

Wisata Alam Pantai Batu Berdaun




Pantai Batu berdaun terletak didesa batu berdaun yang berjarak 8 Km dari dabo . pantai yang membentang menghadap kearah tenggara memiliki butiran pasir yang halus dan berwarna putih dan di tumbuhi berbagai macam flora diantaranya Cemara anggin yang sering disebut penduduk ‘pokok Ru’, Kelapa,pandan pantai,dan Leban pantai. Nama batu berdaun sendiri diberikan karena dipantai ini terdapat sebuah batu yang ditumbuhi pohon yang bagi para penggemar Bonsai dinamakan saike,entah sudah berapa tahun usia pasti pohon yang tumbuh diatas batu itu, pada mulanya pohon yang tumbuh di batu tersebut adalah pohon leban pantai, namun kini pohon cemara anginpun tumbuh di batu tersebut.

Itulah mungkin kenapa pantai ini di namakan pantai batu berdaun yakni batu yang terdapat daun atau ditumbuhi pohon. suasana yang begitu asri dan indah membuat pantai ini menjadi bagian tempat vaforit bagi keluarga yang mengisi liburan untuk bersantai bersama keluarga dan bagi pelajar atau pemuda di singkep pantai ini juga menjadi pilihan untuk dijadikan tempat camping, apalagi saat perayaan tahun baru boleh dikatakan dipantai inilah pusatnya perayaan pergantian tahun itu untuk masyarakat singkep.


Objek wisata yang satu ini memiliki sedikit keunikan, sama seperi namanya di daerah ini kita akan manjumpai sebuah batu yang ditum buhi pohon. Nama Batu berdaun ini sendiri diambil dari batu dan pohon tersebut. Objek wisata ini juga cukup indah karena ini merupakan objek wisata pantai dan sangat di gemari oleh masyarakat kota Dabo Singkep, namun sedikit disayangkan keadaan objek wisata ini kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat. Keadaan pantai ini cukup bersih dan indah, warga yang tinggal di daerah ini juga sebagian juga berpencaharian sebagai nelayan dan ada juga yang bekerja mangumpulkan batu-batu yang ada di pantai.
Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh warga kabupaten Lingga khususnya kecamatan Singkep. Keunikan pantai ini tidak hanya batu berdaun itu sendiri, namun pantai ini juga indah. Pasir pantainya berwarna putih yang terbentang luas antara Desa Kampung Baru dengan Desa Kebun Nyiur. Bukan hanya itu, pantai ini diapit oleh sebuah kolong (sejenis danau kecil) dengan airnya yang berwarna hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar